Pages

Kamis, 12 Februari 2015

E-learning : Universitas Negeri Malang


A. Definisi E-learning
     E-learning yaitu sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

B. Fungsi E-learning
    Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

C. Sejarah singkat Universitas Negeri Malang
    Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur,Indonesia. Universitas yang didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954 ini sebelumnya bernama IKIP Malang yang merupakan salah satu IKIP tertua di Indonesia. Rektor UM saat ini dijabat oleh Prof. Dr. H. A.H. Rofiuddin, M.Pd. E-learning Universitas Negeri Malang ini dibangun oleh Pusat TIK UM pada tanggal 25 September 2008.

D. Cara untuk mengakses e-learning Universitas Negeri Malang
 Kunjungi alamat ini untuk mengakses e-learning Universitas NegeriMalang http://e-learning.um.ac.id/.
 Saat anda mengunjungi alamat e-learning Universitas Negeri Malang maka yang akan muncul seperti jendela di bawah ini.

 Pada jendela awal ini anda dapat mengetahui sejarah singkat mengenai e-learning Universitas Negeri Malang. Pada jendela ini juga terdapat pilihan kategori kursus yang ingin anda ikuti. Namun untuk mengakses e-learning ini anda harus memiliki username dan password yang hanya dimiliki para mahasiswa Universitas Negeri Malang. Pada forum e-learning ini mahasiswa juga dapat memasukkan tugas yang diberikan oleh kursus mata kuliah yang dipilih.

 Gambar di atas merupakan jendela Login pada e-learning Universitas Negeri Malang. Namun ada pula beberapa kursus yang mengizinkan orang luar selain mahasiswa Universitas Negeri Malang dapat mengaksesnya. Anda dapat mengaksesnya hanya untuk sekedar membaca keterangan apa yang akan dibahas oleh setiap mata kuliah. Seperti pada gambar di atas keterangan mata kuliah ada pada samping kanan.


Apabila anda meng-klik pada mata kuliah maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

    Karena anda sedang menggunakan akses sebagai tamu maka anda tidak diizinkan untuk masuk lebih dalam ke forum kursus tersebut.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar