Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang
dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan
keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Contoh usaha pada
bisnis informatika ini antara lain yaitu jual beli online(E-Commerce), Software
House, Konsultan IT dan lain-lain. Bisnis informatika ssangat berkembang pesat
di Indonesia, seperti contohnya banyak situs-situs e-commerce yang terbentuk
saat ini. Dengan adanya situs e-commerce tersebut banyak masyarakat yang
terbantu untuk mencari penghasilan dengan jual beli barang secara online.
Selain itu, kemajuan dari teknologi informatika mendorong para pembisnis untuk
memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya. Sehingga
perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap
perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para
pesaingnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang informatika. Nama perusahaan tersebut adalah
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang biasa dikenal dengan TELKOM yang
merupakan perusahaan besar yang memberikan berbagai pelayanan dalam bidang
informatika. Telkom
merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan
di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku
di Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya
diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah
Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham
Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing
(“POWL”) di Jepang.
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup
bisnis kegiatan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah menyelenggarakan
jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya
Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Telkom menjalankan kegiatan
usaha yang meliputi:
- Usaha Utama
- Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Usaha Penunjang
- Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
- Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Visi
“To become a
leading Telecommunication, Information, Media, Edutainment and
Services (“TIMES”) player in the region”
Misi
- Menyediakan layanan “more for less” TIMES.
- Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Corporate
Culture : The Telkom Way
Basic
Belief : Always
The Best
Core
Values : Solid,
Speed, Smart
Key
Behaviours :
Imagine, Focus, Action
Inisiatif
Strategis
- Pusat keunggulan.
- Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
- Percepatan ekspansi internasional.
- Transformasi biaya.
- Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring, id-Con).
- Indonesia Digital Solution (“IDS”) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
- Indonesia Digital Platfrom (“IDP”) – platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
- Eksekusi sistem pengelolaan anak perushaan terbaik.
- Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
- Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.
Kantor
Pusat : Graha Merah Putih Telkom, Jl. Japati No. 1, Bandung
40133
Website :
http://www.telkom.co.id
No.
Telp : (62-22) 452
7101 / (62-22) 424 0313
Perusahaan ini termasuk
perusahaan menengah, karena perusahaan ini telah berkerjasama dengan perusahaan
di Jepang dan perusahaan telah memiliki banyak client seperti BEI, NYSE,
LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”).
Berikut
merupakan penjelasan portofolio bisnis Telkom:
Telecommunication
Telekomunikasi
merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom
melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone
Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data,
broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler
yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom
telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai
dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
Information
Layanan informasi
merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy
Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan
terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value
Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”),
e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
Media
Media merupakan salah
satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan
media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital
yang modern.
Edutainment
Edutainment menjadi
salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan
segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring
Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services menjadi salah
satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan
Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME,
Enterprise, Wholesale, dan Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar