Pages

Selasa, 09 Juni 2015

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara


     Saya akan membahas mengenai dampak e-commerce terhadap individu, masyarakat, dan negara. Sebelumnya saya akan menjelaskan singkat apa itu E-Commerce. Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia.

Dampak E-Commerce terhadap Individu
     Dampak positif e-commerce bagi individu yaitu konsumen dapat berbelanja atau bertransaksi dalam 24 jam sepanjang hari di sebagian besar lokasi, konsumen dapat membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda, dan dengan e-commerce proses pengantaran produk menjadi lebih mudah dan cepat. Sedangkan dampak negatifnya bagi individu yaitu sering terjadinya penipuan antara penjual dan konsumen, seperti halnya barang yang tidak sampai ke tujuan pada waktu yang telah ditentukan, bukti pembayaran yang dimanipulasi oleh pihak konsumen, bahkan ada pula penjual yang menjual barang dagangannya tidak sesuai dengan yang telah ia iklankan. Hal tersebut dapat mengurangi rasa kepercayaan konsumen terhadap penjual ataupun sebaliknya, dan bocornya data pribadi juga dapat menjadi risiko.

Dampak E-Commerce terhadap Masyarakat
     Dampak positif e-commerce bagi masyarakat yaitu mengurangi pengangguran karena masyarakat dapat berbisnis dengan cara mudah dan tanpa modal yang besar, mengurangi kemacetan lalu lintas karena masyarakat yang menggunakan e-commerce dapat beraktifitas di rumah tanpa harus melakukan perjalanan, dan meningkatnya daya kreatifitas masyarakat untuk menjual berbagai produk agar memudahkan para konsumen mencari barang tersebut. Selain itu dampak negatifnya bagi masyarakat yaitu berkurangnya interaksi antar masyarakat dikarenakan masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik dan berkurangnya masyarakat untuk bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.

Dampak E-Commerce terhadap Negara
     Dampak positif e-commerce bagi negara yaitu mempermudah pembelian antar Negara dan dapat membantu negara berkembang untuk masuk ke dalam pasar internasional dengan bantuan dari negara maju. Selain itu dampak negatifnya bagi negara adalah mahalnya biaya yang diperlukan untuk mencari informasi secara lintas negara akibatnya proses perdagangan antar negara menjadi terlambat dan biaya komunikasi yang lebih besar untuk ekspor ke negara-negara maju dibanding mengekspor ke negara-negara tetangga yang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar