Pages

Kamis, 15 Desember 2016

Membuat Sebuah Perusahaan di Bidang TI


TERNAKHUB.COM

TernakHub.com adalah e-commerce khusus hewan-hewan ternak di Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai macam hewan ternak berbasis marketplace, dimana menjual hewan-hewan yang dihasilkan oleh peternak-peternak yang sudah bergabung. Hewan-hewan tersebut sudah kami verifikasi sehingga kualitasnya terjaga.
Dengan menghadirkan hewan-hewan ternak yang segar, sehat dan berkualitas, persiapan hewan-hewan ternak akan dilakukan setelah adanya pemesanan. Hewan yang dipesan akan dikirimkan dengan bonus makanan untuk 3 hari kedepan. Proses pengiriman dilakukan oleh para ahli sehingga hewan sampai ketangan pembeli dengan keadaan baik.

PROFIL PERUSAHAAN
  • Perusahaan
Ternak Hub
  •  Jenis Perusahaan dan skala perusahaan
Jenis perusahaannya adalah jasa. Jumlah karyawan yang dimiliki 20 orang dan bekerjasama dengan 150 peternak yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah karyawan dan peternak diharapkan akan bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan deksripsi tersebut dapat dikategorikan bahwa ternakhub merupakan perusahaan skala kecil.
  • Alasan
Pada saat ini, sebagian orang menginginkan segala sesuatu yang cepat, praktis dan tentunya memiliki kualitas yang bagus, termasuk dalam membeli hewan ternak. Alternatif untuk permasalahan tersebut adalah dibuatnya ternakhub ini yang menyediakan jasa pembelian hewan-hewan ternak yang berkualitas yang dihasilkan oleh para peternak lokal, pembeli tidak perlu repot membeli hewan-hewan tersebut, pengirimannya juga dilakukan secepat mungkin.
  • Tujuan
Untuk menemukan dan membeli hewan-hewan ternak langsung dari peternak lokal terpercaya.
  • Perbandingan dengan Perusahaan yang lain
Pemesanan dapat dilakukan oleh perseorangan maupun perusahaan. Dengan minimal pembelian sebagai berikut:


  • Kelebihan Perusahaan TernakHub
1.      Mempermudah konsumen dalam mencari hewan ternak
2.      Membantu peternak dalam menjual hewan ternaknya
3.      Menghemat waktu pembelian dan pencarian
4.      Menghemat biaya ongkos perjalanan konsumen
5.      Lebih terpercaya, karena uang dapat kembali apabila hewan yang dipesan belum sampai dalam waktu 2 minggu
6.      Konsumen dapat langsung membandingkan harga


  •       Aspek Sumber Daya Manusia
Dalam setiap pelaksanaan usaha, kita pasti memerlukan adanya aspek sumber daya yang akan menjalankan usaha. Dalam beberapa perencanaan sumber daya manusia, perlu menganalisis hal-hal berikut:
1. Desain Pekerjaan
Setelah penentuan organisasi, maka kita akan menjalankan desain pekerjaan apa saja yang diperlukan untuk menjalankan organisasi, contohnya perusahaan di bidang jasa.
2. Deskripsi pekerjaan
Deskripsi pekerjaan wajib dilakukan mengingat fungsi setiap departemen harus jelas, tidak terjadi tumpang tindih dalam kegiatan pekerjaan dan menghindari adanya pengulangan pekerjaan yang sama oleh bagian yang berbeda.
3. Job value
Tujuan dari job value adalah penentuan nilai jabatan dengan kapasitas atas orang yang diperlukan. Nilai jabatannya akan dihubungkan dengan penghasilan yang akan diterima dengan tunjangan-tunjangan yang akan diterima, termaksud juga kesempatan jenjang karier.

4. Kapasitas Sumber Daya Manusia
Kapasitas akan menentukan produktivitas, kapasitas yang sesuai dengan kemampuan produksi perusahaan menjadi sangat penting.
5. Recruitment
Pencarian sumber daya manusia menjadi penting karena disinilah dimulainya tahapan pertama pengenalan usaha kita. Sumber daya yang tepat akan bertumbuh di posisi yang tepat dalam organisasi yang tetap. Perusahaan akan menentukan kriteria penyeleksian karyawan baru baik untuk nilai indeks prestasi waktu kuliah, harus lulus psikologi test dan wawancara serta harus lulus test kesehatan.
Dalam rekruitmen perusahaan juga harus menganut beberapa hal yang harus diperhatikan seperti misalnya:
1) Pemberian kesempatan yang sama untuk semua golongan dan ras.
2) Pemberian kesempatan kepada kelompok wanita untuk bisa serta kerja dengan kaum pria.
3) Memperhatikan himbauan pemerintah setempat untuk mempekerjakan karyawan yang berasal dari daerah setempat.

6. Productivity
Setelah seseorang bergabung dalam organisasi, maka produktivitas menjadi perhatian kita, karena kontribusi positif daripada setiap individu akan menghasilkan organisasi yang positif dan bertumbuh.
Sejalan dengan kapasitas yang sesuai, maka produktivitas menjadi penting karena pengukuran produktivitas harus terpenuhi agar perusahaan bisa melaksanakan efisiensi kerja.
7. Training and Development
Sejalan dengan tuntutan lingkungan dan perkembangan teknologi, maka setiap sumber daya semestinya diberikan pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan tuntutan jaman dan pekerjaan. Pelatihan dan pengembangan juga membawa apresiasi kepada sumber daya manusia karena merasa dihargai dan dibimbing.
Pelatihan bisa diberikan dalam bentuk soft skill dan hard skill. Soft skill adalah pelatihan untuk memperkaya pengetahuan karyawan akan hal-hal yang berhubungan dengan personal karyawan seperti motivasi. Hard skill lebih kepada pelatihan yang berhubungan langsung dengan pekerjaan agar bisa bekerja lebih lagi dari waktu ke waktu.

8. Performance Appraisal
Biasanya dalam masa setahun, setiap karyawan akan mengalami masa-masa konsultasi dengan mendapatkan umpan balik dari kinerja yang dicapai selama masa waktu tertentu. Dalam penilaian karyawan ini, yang dinilai tidak semata-mata pencapaian hasil kuantitatif tapi juga faktor-faktor proses dan kuantitas lainnya. Yang akan dinilai ada faktor kepuasan konsumen, cara manajemen dan juga kerjasama team.
9. Compensation and Benefit
Dalam setiap industry pasti terdapat struktur kompetisi yang akan diberikan kepada karyawannya yang terbaik. Selain gaji dasar, perusahaan juga akan memberikan tunjangan-tunjangan yang disesuaikan dengan tingkat jabatan dan kompetisi di pasar. Biasanya juga karyawan yang berprestasi bagus akan diberikan bonus pada akhir tahun.
10. Career Planning
Selain pengembangan akan kemampuan karyawan, perlu diperhatikan juga pengembangan karir yang akan dicapai karyawan. Sebelum penentuan karir, perusahaan biasanya juga akan mengkategorikan karyawan kedalam beberapa kelompok.
Kompensasi dan tunjangan-tunjangan bukan satu-satunya yang dicari karyawan, mereka juga ingin mencapai kemajuan untuk dipromosikan ke jabatan yang semakin tinggi maka diperlukan sebuah perencanaan karir yang lebih jelas untuk setiap individu yang ada dalam perusahaan khususnya untuk karyawan yang sangat bagus.
11. Retrenchment (penghematan)
Setelah seorang karyawan berbakti dalam waktu tertentu, maka karyawan juga akan memasuki tahapan berpisah yakni pensiun. Dalam hal pemutusan hubungan kerja ini, perusahaan semestinya memberikan kompensasi yang sesuai baik itu uang jasa maupun uang pisah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam rangka mengembangkan dan mempertahankan karyawan agar karyawan tidak mudah tertarik untuk pindah kerja ke perusahaan lain, selain memberikan kompensasi dan tunjangan, karyawan juga bisa di motivasi dengan:
1) Memperluas cakupan pekerjaan (job enlargement)
2) Rotasi pekerjaan (job rotation)
3) Pemberdayaan dan partisipasi manajemen

  •       Aspek Keuangan
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp 170.250.000 (Seratus tujuh puluh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) dengan rincian sebagai berikut :


  •       Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan:
A.   Keterangan Jasa
Pelayanan jasa dikhususkan untuk menjual hewan ternak.
B.   Keunggulan Jasa
Disini kami menyediakan pelayanan jasa pada konsumen yang akan terhubung langsung oleh para peternak agar mempermudah konsumen dalam mendapatkan hasil ternak terbaik.
C.   Harga Produk dan Jasa
Harga yang ditawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari konsumen.
D.  Jalur Penjulan
Penjualan Produk dan jasa akan kami lakukan secara online.
E.   Promosi
Untuk promosi kami melalui iklan baik media cetak maupun eletronik dan media sosial.


  •       Struktur Organisasi





  •       Divisi perusahaan
1.   Direktur
Direktur bertugas untuk memantau seluruh aktivitas yang terjadi di perusahaan.
2.   Manajer Layanan
Manajer layanan bertugas membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan dan kerjasama antar organisasi dan publik.
3.   Manajer Teknik
Manajer teknik difokuskan pada isu-isu ilmiah dan teknologi dalam memecahkan masalah perusahaan dengan memperoleh dan mengadaptasi teknologi yang ada.
4.   Manajer Operasi
Manajer operasi bertugas mengawasi operasi bisnis yang sedang berlangsung dalam perusahaan antara lain, peternakan dan pengiriman produk.
5.   Manajer Pemasaran
Manajer pemasaran bertugas merencanakan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan sumber daya perusahaan.
6.   Manajer Keuangan
Manajer keuangan bertugas mengatur dan mengelola keluar masuknya uang pada perusahaan.
7.   Manajer SDM dan Umum
Manajer SDM dan umum bertugas menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tugasnya antara lain mengatur proses perekrutan tenaga kerja, melakukan analisa kebijakan terkait tenaga kerja, pendidikan tenaga kerja, dan  kesejahteraan masing-masing tenaga kerja.
8.   Manajer Divisi Setiap Wilayah
Manajer ini bertugas untuk mengatur dan mengelola aktivitas yang berlangsung pada wilayah tersebut.


KELOMPOK :
-          Cahyaning Ayu P.        (51313834)
-          Nur Fitria                      (56413607)
-          Radhian Amri               (57413105)
-          Shelfiana Dwi S.          (58413432)
-          Ulpia Rospratiwi          (59413048)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar